“Bagaimana Cara Membuat Kimchi?”

 

Postingan saya kali ini bakal ngebahas gimana sih cara membuat KIMCHI. Yupz, kimchi itu adalah makanan khas dari Korea Selatan yang terkenal dengan khasiatnya kesehatannya yang luar biasa. Ya iyalah, kimchi itu kan dari sayuran.

Kim Chi
Kim Chi bisa diolah dari berbagai jenis sayuran (yang agak keras teksturnya; wortel, lobak, bagian luar mentimun), atau campuran sayuran. Berikut adalah sebuah contoh Kim Chi yang terbuat dari sawi putih dan telah disesuaikan dengan bahan yang ada di Indonesia.
Bahan :
• 2 buah sawi putih yang segar
• 1/4 cangkir garam dapur
• 1/2 cangkir gula
• 4 cangkir air mineral atau air berkualitas baik yang telah dimasak tapi telah dingin.
• 1/2 sendok cabe rawit hijau yang telah halus dan bijinya dikeluarkan
• 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk halus atau merica putih biasa.
• 1/2 cangkir cuka apel (atau cuka biasa/beras)
• 1/2 sendok teh jahe segar tergerus halus
Cara membuat:
1. Potong-potong sayuran kecil-kecil sesuai selera.
2. Cuci bersih-bersih.
3. Masukkan ke dalam toples kaca (atau wadah lain yang bisa ditutup baik) yang diisi air, cuka, dan bahan-bahan di atas lainnya.
4. Taruh di tempat yang bersih dan agak sejuk
5. Tunggu 3 hari 3 malam baru boleh dibuka dan siap dihidangkan sebagai penambah selera makan.

 

Gimana? gampang kan buatnya?itulah yang membuat masyarakat korea sehat, karena liat aja tuh makanannya, sayur semua kan ^^

 

credit: kbpkoreafamily.blogspot.com ^^

4 Comments

Filed under Korean, Makanan

4 responses to ““Bagaimana Cara Membuat Kimchi?”

  1. wahhhh,resep kimchi nya menggugah selera n bisa nambahin koleksi resep gua,itha copy ya, gamsahamnida chingu,,,

  2. nicky andreaz

    kok terlalu simpel plus kurang lengkap resep nya
    kan sawinya harus direndam air garam dulu semalaman
    setelah tu bahan2 selain sawi dicampur bubur yg terbuat dari tepung beras atau ketan
    baru deh sawinya direndam ma campuran di atas
    sory lho kalo saya sotoy.. soalnya nie resep dapat dari kim jong il temenya kakek ku
    hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s